Asyiq Aqiqah I

Arti Dari Musinnah dan Jadza’ah Pada Hewan Aqiqah dan Qurban

Arti Dari Musinnah dan Jadza’ah Pada Hewan Aqiqah dan Qurban

Dalam sebuah riwayat, Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam pernah bersabda tentang batas usia minimal hewan ternak yang akan diqurbankan seperti berikut adalah:

وَعَنْ جَابِرٍ – رضي الله عنه – قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – – “لَا تَذْبَحُوا إِلَّا مُسِنَّةً, إِلَّا أَنْ يَعْسُرَ عَلَيْكُمْ فَتَذْبَحُوا جَذَعَةً مِنَ اَلضَّأْنِ” – رَوَاهُ مُسْلِم ٌ

Dari Jabir radhiyallahu’anhu, beliau menyampaikan, Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah kalian menyembelih kecuali musinnah. Kecuali apabila terasa sulit bagi kalian, maka sembelihlah jadza’ah berdasarkan domba.” Diriwayatkan oleh Imam Muslim.

Pada hadits tadi Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan umatnya buat tidak menyembelih hewan qurban kecuali hewan tersebut musinnah, atau jika terasa sulit diperbolehkan menyembelih jadza’ah dari domba. Bagi orang umum niscaya akan bertanya-tanya tentang arti berdasarkan musinnah dan jadza’ah tersebut. Lalu sebenarnya apa arti dari istilah tadi?Berikut penjelasannya. Arti Musinnah Pada Hewan

Musinnah adalah hewan yang telah masuk usia dewasa. Terkadang ada juga yang menyebutnya menggunakan tsaniyyah. Disebut musinnah karena diambil darikata sinnun yg ialah gigi. Ketika hewan tersebut sudah menginjak usia musinnah, ada giginya yang lepas (poel bahasaJawa, munglak bahasa Sunda).

Untuk usia musinnah hewan qurban berbeda -beda. Berikut adalah rinciannya:

1. Musinnah dari kambing yaitu yang telah berusia satu tahun yang sedang masuk tahun ke 2.

2. Musinnah dari sapi yaitu umur dua tahun yang sedang masuk tahun ketiga.

3. Musinnah berdasarkan unta yaitu yang berusia genap lima tahun yangmasuk tahun keenam.

Kemudian terdapat juga jadza’ah berdasarkan domba adalah yang telah berusia enam hingga satu tahun. Tidak ada perbedaan antara jantan & betina lantaran keduanya sama-sama absah.

Pada hadits yg disebutkan di awal tadi ada beberapa makna yang terkandung pada dalamnya, pertama, hadits tersebut menunjukkan bahwa penyembelihan hewan qurban tidak diperkenankan menggunakan hewan yg belum musinnah atau jadza’ah. Kedua, kita diberikan kemudahan juga bahwa diperbolehkan memotong menggunakan jadza’ah berdasarkan domba (berusia sekitar enam hingga satu tahun).

Berikutnya, hadits tersebut memberitahukan kita bahwa yang dimaksud qurban bukanlah mencari daging, melainkan ini adalah bentuk pendekatan diri pada Allah. Apabila yg dicari adalah daging, tentu saja dipilih merupakan hewan yg besar . Tetapi ternyata berkurban menggunakan hewan berbadan kecil (bukan berarti kurus) dan akbar pun sama sahnya.Lalu, Bagaimana dengan Aqiqah?

Tidak satu pun terdapat hadits yang langsung menyebutkan bahwa ada syarat usia hewan buat aqiqah, maka ada sebagian ulama yang meng-qiyas-kan kepada ibadah qurban. Menurut alim ulama Islam di Indonesia, baik itu berdasarkan dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU) atau pun Muhammadiyah, bahwa syarat kambing aqiqah itu disamakan menggunakan persyaratan hewan untuk berkurban. Termasuk salah satunya mengenai musinnah kambing & jadza’ah domba.

Sekedar fakta saja, bagi Anda yg ingin melaksanakan aqiqah buat sang buah hati, penulis merekomendasikan memakai layanan jasa aqiqah terlengkap se-Indonesia, yaitu Asyiq Aqiqah. Selain menunya yg sangat lengkap dan bervariasi, Anda juga sanggup mendapatkan souvenir dan insentif menarik lainnya bila memesan paket aqiqah lengkap berdasarkan Pelangi Aqiqah. Hubungi CS Asyiq Aqiqah untuk selanjutnya via SMS/Telfon : +6282 1111 27271 Whatsapp : https://wa.me/6282111127271

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *