Asyiq Aqiqah I

Doa Menyembelih Hewan dan Tata Caranya Terlengkap

Hewan yang dapat dikonsumsi sang manusia tentu saja hewan yang halal. Selain itu pula harus melalui proses penyembelihan yg sahih atau sesuai syariat Islam. Pengecualiannya merupakan belalang dan ikan. Adapun hewan yang meninggal tanpa disembelih itu termasuk bangkai & haram hukumnya buat dimakan.

Adapun yag dimaksud dengan menyembelih yaitu merupakan jalan makan, minum dan jalan nafas dan kerongkongan. Dan hewan yang disembelih dengan alat eksklusif dengan ketentuan syariat.

Dalam proses penyembelihan hewan, tentu saja tidak eksklusif mematikannya begitu saja, tetapi wajibdengan ketentuan dan syariat-syariat. apabila proses atau cara menyembelihnya keliru, maka hewan yang seharusnya halal dimakan menjadi haram.

Pada kesempatan kali ini, Asyiq Aqiqah akan membahas tentang doa dan tata cara menyembelih hewan. Untuk mengetahuinya pribadi saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Apa yang dibaca saat menyembelih aqiqah? Apakah disyari’atkan pula menghadirkan bayi saat aqiqah disembelih?

Yang disyari’atkan ketika aqiqah sama seperti yang disyari’atkan ketika qurban. Ada tuntunan membaca:

  • Bismillah
  • Takbir, Allahu Akbar
  • Aqiqah min … (sebut nama anak yang akan diaqiqahi)

Dasar dari hal ini adalah hadits dari Al-Baihaqi dan selainnya,

 أن رسول الله صلى الله عليه وسلم: عق عن الحسن والحسين شاتين يوم السابع وأمر أن يماط عن رأسه الأذى وقال اذبحوا على اسمه وقولوا بسم الله والله أكبر اللهم لك وإليك هذه عقيقة فلان

Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengaqiqahi Al-Hasan dan Al-Husain dengan dua ekor kambing pada hari ketujuh, dan diperintahkan agar rambut kepalanya dicukur. Lalu beliau berkata, sembelihlah atas namanya, ucapkanlah, “Bismillah wallahu akbar. Allahumma laka wa ilaik. Hadzihi aqiqah fulan.” (Dengan nama Allah, Allah Maha Besar. Ya Allah, ini milik-Mu dan untuk-Mu. Ini adalah aqiqah untuk si fulan.”

Dalam riwayat Ibnu Abi Syaibah dalam mushannafnya, sebagaimana dalam qurban (udhiyah) dibacakan bismillah, maka dalam aqiqah juga demikian dibaca, “Bismillah, ‘aqiqah fulan (disebut nama bayinya, pen.).”

Bukan hanya diucapkan do’a khusus pada si buah hati pada penyembelihan aqiqah, namun juga selayaknya memuji dan bersyukur pada Allah atas karunia anak yang telah diberi. Hendaklah mendoakan keberkahan untuk si buah hati. (Sumber : Rumaysho.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *